Selasa, 23 April 2024

Pendidikan Islam Masa Pertumbuhan

 


Pada masa pembinaannya yang berlangsung pada zaman Nabi Muhammad SAW, pendidikan Islam berarti memasukkan ajaran-ajaran Islam ke dalam unsur-unsur budaya. Ada beberapa hal yang terjadi dalam pelatihan tersebut :

1.    Islam mendatangkan unsur-unsur yang sifatnya menyuburkan dan melengkapi unsur-unsur budaya yang telah ada. Misalkan Al-Qur'an yang diturunkan kepada nabi muhamad, pada masa sebelum al-qur'an diturunkan bangsa Arab memiliki tingkat seni sastra yang tinggi berupa syair, sehingga membuat orang-orang arab merasa bangga membaca syair yang mereka buat. Setelah diturunkan Al-Qur'an yang memiliki tingkatan yang lebih tinggi, bangsa arab merasa bahwa pengetahuan sastra mereka telah diperkaya dan disempurnakan.

2.    Islam mendatangkan suatu ajaran yang bersifat kebenaran kembali ajaran- ajaran yang telah menyimpang dari ajaran yang sebenarnya. Hal ini dimisalkan dengan ajaran tauhid. Bangsa arab sebelum Islam datan mereka hanya menyembah berhala untuk menyembah tuhan mereka, sehingga mereka hanya mengadakan hubungan kepada berhala itu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Namun setelah Islam datang, Islam mengajarkan umat manusia untuk beribadah kepada Allah dan melakukan hubungan dengan Allah dalam kehidupan sehari-hari.

3.    Islam memiliki ajaran yang sifatnya berbeda dengan budaya yang ada sebelumnya. Dalam hal ini rasulullah sangat berhati-hati dalam mengubah kebuadayaan bangsa Arab yang sebelumnya banyak berdagang, perjudian pemabukan menjadi budaya yang bersih dari hal-hal tersebut.

4.    Islam tidak mengubah kebudayaan yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam yang telah ada sebelum masuknya Islam, namun tetap mengedepankan pengarahan-pengarahan seperlunya.

5.    Islam membawa ajaran baru yang belum ada sebelumnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perkembangan budayanya.


Dengan demikian, terbentuklah suatu tatanan nilai dan budaya Islam yang sempurna dalam lingkup ruang yang disesuaikan baik dari situasi, waktu, dan perkembangan zaman. Tatanan inilah yang diwariskan pada generasi berikutnya untuk dikembangkan baik secara kualitatif, yaitu meningkatkan nilai budaya yang telah ada sebelumunya maupun kuantitatif, yaitu mengarah pada pembentukan budaya dan ajaran yang baru untuk menambah kesempurnaan dan kesejahteraan hidup masyarakat.

Pendidikan Islam ada masa pertumbuhan,pada masa perkembangannya, juga pada masa-masa berikutnya, memiliki dua sasaran, yaitu :

1.      Kepada pemuda, yaitu pewarisan ajaran islam kepada generasi muda (sebagai generasi penerus) kebudayaan islam dengan pendidikan islam.

2.      Kepada masyarakat lain yang belum menerima ajaran Islam, artinya penyampaian ajaran Islam dan usaha internalisasinya dalam masyarakat yang belum dan baru menerima ajaran Islam yang lazim disebut dengan dakwah Islam. Tujuan dari dakwah ini tak lain adalah agar mereka menerima ajaran Islam sebagai suatu sistem kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.
Terjemahan Al-qur'an per Kata

Donasi Dakwah

Donasi Dakwah "Mutsla"

Menebar Manfaat kepada sesama

Donasi ke :
Bank Muamalat no rek 7010115446
Bank BCA no rek 2140695397
a.n Syahroni Nur Wachid

Konfirmasi transfer ke : 082131174151
"Nama-Asal-Jumlah"

Donasi Dakwah Mutsla, menebar manfaat kepada sesama

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages

Syahroni Template

Kabartabligh.com mengabarkan dakwah islam

Kunjungi Kami